Laporan Hasil Survei Tingkat Kesejahteraan Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Pattimura

Total Responden

Sesuai dengan hasil survei yang dilakukan terhadap mahasiswa Fakultas Teknik maka telah terkumpul 63 responden yang memberikan berbagai masukan kepada DPMF terkait dengan tingkat kesejahteraan mahasiswa. Dari 63 responden ini belum bisa menjadi acuan. Kami butuh lebih banyak responden lagi agar kami bisa mengetahui dengan akurat kebutuhan dan keinginan dari mahasiswa. Maka dari itu, kami mengharapkan kerjasama yang baik dari rekan-rekan untuk membagikan informasi survei kesejahteraan mahasiswa kepada rekan-rekan mahasiswa lainnya.

Adapun saran serta masukan sementara yang diberikan oleh rekan-rekan mahasiswa adalah sebagai berikut:

1.      Meminta agar memperhatikan minat dan bakat mahasiswa.

2.    Mengharapkan adanya media yang bisa digunakan untuk mahasiswa menyampaikan aspirasi, pengaduan dan mendapatkan pemberitahuan terkait informasi dari fakultas karena selama ini mahasiswa sangat sulit mendapatkan informasi terkait Fakultas Teknik.

3.   Kebersihan dan ketersediaan sarana serta prasana ruang belajar, toilet, perpustakaan dan lab.

4.  Diharapkan agar dosen dan pegawai lebih profesional dan transparan dalam melayani kepentingan mahasiswa secara keseluruhan tanpa membeda-bedakan latar belakang.

5.  Pengurusan keperluan mahasiswa di Fakultas Teknik sering diperhambat dan terkesan berbelit-belit. Sehingga, perlu adanya evaluasi terhadap dosen serta pegawai tata usaha yang mengurus keperluan mahasiswa.

6.      Kualitas proses belajar mengajar yang masih buruk.

7.      Keterlambatan studi mahasiswa di Fakultas Teknik.

8.    Perlu adanya kebijakan yang lebih jelas terkait dengan masa studi mahasiswa di Fakultas Teknik yang terkesan lambat

Dari beberapa saran serta masukan yang diberikan, maka Langkah-langkah yang akan diambil DPMF adalah sebagai berikut:

1.      Komisi I dan II DPMF telah melakukan open recruitment pengembangan minat dan bakat mahasiswa, di mana nantinya akan dilakukan kegiatan Student Day setiap hari Sabtu yang akan dimulai pada semester depan. Pada kegiatan ini nantinya mahasiswa yang memiliki minat dan bakat akan dikembangkan. Adapun minat dan bakat yang nantinya dikembangkan adalah bidang seni, olahraga, penalaran ilmiah (penulisan ilmiah dan pelatihan software terapan).

2.      Mengawasi, mengontrol dan mengevaluasi program kerja UKM dan HMPS agar aktivitas organisasi mahasiswa bisa berjalan dengan baik.

3.      Memanfaatkan semua media sosial yang ada untuk menyebarkan informasi penting serta membuat aplikasi website agar aspirasi, pengaduan dan informasi bisa diakomodir dengan baik. Aplikasi website yang saat ini sedang dikerjakan oleh DPMF kami berinama SIOMASTEK. Nantinya, webiste tersebut bertugas membantu koordinasi dan evaluasi organisasi mahasiswa di Fakultas Teknik serta sebagai media penyampaian aspirasi dan informasi.

4.      Saat ini, aplikasi web DPMF sementara dikerjakan untuk menyampaikan aspirasi dan mendapatkan informasi. Rekan-rekan bisa mengunjungi situs blog www.dpmfatekunpatti.blongspot.com. Aspirasi, pengaduan, kritik dan saran bisa disampaikan melalui Menu Kotak Aspirasi.

5.      Melakukan audiens bersama dekan Fakultas Teknik setiap mengawali semester baru, melalui acara Dialog Dekan X Sapa Dekan. Nantinya DPMF akan menyampaikan terkait dengan keluhan-keluhan mahasiswa yang sudah disampikan melalui media yang ada.

               6.    Pada kegiatan audiens bersama dekan nantinya akan mempertemukan DPMF, UKM,HMJ dan HMPS dengan dekan. Tujuannya untuk membahas tentang mutu dan kualitas pendidikan di masing-masing program studi mulai dari fasilitas, pelayanan dan  persoalan-persoalan lainnya yang perlu didiskusikan bersama.

Lampiran

Diagram jawaban Formulir. Judul pertanyaan: Jurusan. Jumlah jawaban: 63 jawaban.
Diagram jawaban Formulir. Judul pertanyaan: Angkatan. Jumlah jawaban: 63 jawaban.
Diagram jawaban Formulir. Judul pertanyaan: Bagaimana Kinerja Dosen Fakultas Teknik. Jumlah jawaban: 63 jawaban.
Diagram jawaban Formulir. Judul pertanyaan: Bagaimana Kinerja Organisasi Internal Fakultas Teknik. Jumlah jawaban: 63 jawaban.
Diagram jawaban Formulir. Judul pertanyaan: Mahasiswa Fakultas Teknik Memiliki Masa Studi yang Sangat Lama. Jumlah jawaban: 63 jawaban.
Diagram jawaban Formulir. Judul pertanyaan: Dosen Fakultas Teknik Sering Menghambat Mahasiswa. Jumlah jawaban: 63 jawaban.
Diagram jawaban Formulir. Judul pertanyaan: Organisasi Mahasiswa Tidak Pernah Membantu Mahasiswa. Jumlah jawaban: 63 jawaban.
Diagram jawaban Formulir. Judul pertanyaan: Pengumuman atau Informasi Pada Fakultas Teknik Sangat Tertutup atau Lambat. Jumlah jawaban: 63 jawaban.
Diagram jawaban Formulir. Judul pertanyaan: Mahasiswa Memerlukan Bantuan Organisasi Kemahasiswaan. Jumlah jawaban: 63 jawaban.
Diagram jawaban Formulir. Judul pertanyaan: Mahasiswa Ingin Ada Media Khusus Untuk Melihat Informasi Fakultas Teknik. Jumlah jawaban: 63 jawaban.
Diagram jawaban Formulir. Judul pertanyaan: Mahasiswa Ingin Ada Media Khusus Untuk Menyampaikan Isi Hati Mereka. Jumlah jawaban: 63 jawaban.
 Diagram jawaban Formulir. Judul pertanyaan: Mahasiswa Ingin Ada Media Khusus Untuk Bertanya Seputar Kampus. Jumlah jawaban: 63 jawaban.
Diagram jawaban Formulir. Judul pertanyaan: Apa Saja Permasalahan yang Sering Terjadi di Fakultas Teknik. Jumlah jawaban: 63 jawaban.

Posting Komentar untuk "Laporan Hasil Survei Tingkat Kesejahteraan Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Pattimura"